5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Refined Sugar

Apakah kamu pernah mendengar istilah mengenai refined sugar alias gula rafinasi? Yup, gula yang satu ini merupakan jenis gula yang kerap digunakan sebagai bahan baku utama untuk industri makanan dan minuman. Tentu saja, konsumsi refined sugar perlu disesuaikan dengan takaran yang cukup agar tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Nah, apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai refined sugar, berikut ini ada 5 fakta tentang refined sugar.

1. Berasal dari gula bit dan gula tebu

Gula rafinasi pada dasarnya merupakan gula yang diproduksi menggunakan gula bit serta gula tebu. Gula ini pada umumnya ditemukan pada bahan baku di industri makanan maupun industri minuman.

2. Terdapat di banyak makanan dan minuman

Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang menggunakan refined sugar, beberapa diantaranya seperti permen, yoghurt, protein bar, soda, sereal, jus buah, serta kue. Apalagi, gula refined sugar pun terdiri atas dua jenis, yakni gula meja alias sukrosa serta sirup jagung tinggi fruktosa alias high fructose corn syrup.

3. memiliki perbedaan proses pembuatan dari gula biasa

Apa sih yang membedakan antara refined sugar dan gula biasa? Jadi, gula biasan pada umumnya merupakan gula mentah yang merupakan hasil olahan utama. Hasilnya berupa sukrosa yang disintesis dari tanaman tebu sehingga belum bisa dikonsumsi langsung, sementara itu, ketika sukrosa mentah ini sudah diolah, barulah ada refined sugar.

4. Dibentuk dengan cara merendam kristal gula mentah

Untuk membuat gula rafinasi, para pengolah perlu memulainya dengan merendam kristal gula mentah yang kemudian berfungsi agar gula mentah bisa dilembutkan. Kemudian, gula mentah tersebut akan terendam dan menghilangkan lapisan coklatnya.

5. Memiliki kalori kosong

Sebenarnya, refined sugar memiliki kalori yang kosong. Dalam hal ini, gula ini tidak memiliki kandungan-kandungan yang memberikan manfaat untuk tubuh seperti protein, mineral, serat, lemak, serta vitamin. Maka dari itu, konsumsi refined sugar juga haruslah dalam takaran yang wajar. Apabila dikonsumsi berlebihan, maka refined sugar akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

Written By

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *